Memulai Bisnis

DSCN2548

Apa yang harus dilakukan pertama kali, jika ingin terjun ke dunia bisnis? berapa modal yang harus dipersiapkan untuk terjun ke dunia bisnis? Bisnis apa saja yang menguntungkan ?

Pertanyaan tersebut sering dilontarkan beberapa rekan, ketika berdiskusi tentang bagaimana memulai bisnis, atau sedang berencana terjun ke dunia bisnis. Pada dasarnya, pertanyaan mendasar yang harus ditanyakan pada diri kita masing-masing adalah, apa tujuan kita berbisnis (business goal) ? dan apakah passion kita ada disitu ?

Banyak orang yang memulai bisnis, awalnya karena hobby kemudian berkembang menjadi bisnis sampingan, dan setelah beberapa waktu menjadi sumber penghasilan. Namun ketika bisnis mulai berkembang pesat, tenaga sudah tidak mampu untuk melanjutkan, karena memulai bisnis ketika mendekati masa pensiun. Akhirnya, bisnis terhenti ketika sedang berkembang.

Menekuni dunia bisnis adalah memasuki “sekolah alam” yang tidak pernah “lulus”. Setiap hari adalah belajar, bertemu dengan tantangan baru, bermain dengan dunia yang selalu baru. Berapa lama-pun bisnis anda berdiri, akan selalu ada hal baru yang menanti kita untuk dikaji, dicermati, dan dihadapi. Jika kita tidak punya passion dalam dunia bisnis, maka jangan lakukan, tapi ber-investasilah!

Lalu jika memang ingin memulai bisnis, apa yang perlu dipersiapkan untuk memulainya? Menurut Ippho Santosa, dalam seminar bisnisnya, Hal pertama yang harus disiapkan adalah “keberanian dan kemauan” untuk memulai bisnis. Apapun bisnis yang anda kelola, harusnya ada passion atau minat atau semangat pada hal tersebut.

4 (1)

Work is for Fun

“Do what you love, Love what you do .. “

Kerjakan apa yang anda cintai, dan cintai apa yang anda kerjakan, pepatah asing yang sangat tepat untuk dituliskan disini. Mulailah sesuatu karena anda menyukainya, mencintainya. Bekerjalah dengan gembira dan senang hati, work is fun!

Jadikan pekerjaan anda sebagai hobby, atau jadikan hobby anda sebagai pekerjaan. Ketika kita suka, bekerja dengan sepenuh hati maka bisnis yang akan kita jalankan, akan semakin mudah untuk dikembangkan.

Hal kedua yang harus dipersiapkan adalah, mengasah jiwa bisnis. Menurut salah satu Dosen mata kuliah entrepreneurship di Kampus TP Unej, Ibu Herlina, beliau memaparkan, bahwa untuk mengasah jiwa bisnis, salah satu caranya adalah dengan cara berjualan, cobalah untuk menjual satu barang hingga berhasil terjual.

Selain itu, seorang pebisnis, juga harus pandai membaca peluang, menganalisa pasar, dan memahami keinginan konsumen. Agar jiwa bisnis kita terasah, maka mulailah berjualan dari hal-hal yang sedang menjadi trend pasar saat ini.

Tambah wawasan bisnis kita dengan banyak membaca, mengikuti seminar, atau berguru langsung pada si empunya bisnis 🙂 dan yang terpenting adalah .. lakukanlah sekarang!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s