Otak Kanan vs Otak Kiri

11

Dua tahun kemarin, sedang booming seminar tentang otak kanan dan otak kiri, baik dalam perkembangan anak maupun kaitannya dengan bisnis. Lalu mana yang bagus dalam dunia bisnis ?

Jika mengambil referensi dari left brain – right brain theory (Roger W. Sperry) yang membagi fungsi otak kanan dan otak kiri, maka diasumsikan bahwa fungsi otak kiri lebih kepada fungsi kerja berpikir logis, kemampuan berbahasa, dan berpikir analitik.

Sedangkan fungsi otak kanan, diasumsikan lebih kepada kemampuan untuk berekspresi dan kreatifitas, misal mengenali wajah, gambar, warna, ber-musik, intuisi dan membaca emosi.

Berdasarkan penelitian terbaru, dari laman tentang psycology , sebenarnya fungsi otak kanan dan kiri bekerja secara berdampingan, memang sesekali ada yang lebih menonjol, namun tidak ada yang bekerja sendiri.

Nah .. hal ini juga berlaku pada dunia bisnis, bahwa tidak mungkin kita hanya menggunakan otak kanan maupun otak kiri saja dalam menjalankan bisnis. Fungsi dua otak kanan dan kiri sangatlah penting dalam hal apapun. Betapa sempurnanya Tuhan, menciptakan fungsi otak manusia yang berkerja sesuai kebutuhan.

Meskipun Ipho Santosa dikenal dengan pakar otak kanan, tapi menurut penulis hal tersebut tidaklah serta merta menghilangkan fungsi otak kiri. Memang dalam memulai sebuah bisnis, yang dibutuhkan adalah “keberanian” untuk memulai.

Keberanian itu sendiri berkaitan dengan intuisi, dan kemampuan berkreatifitas. Kemudian setelah berani membuka usaha atau bisnis, fungsi otak kiri juga sangat dibutuhkan, dalam me-manage sebuah perusahaan (bisnis / usaha).

Kita tidak bisa hanya menggunakan intuisi, kreatifitas, dan keberanian dalam menjalankan bisnis. Kemampuan mengelola, mengkalkulasi, dan menjalankan bisnis lebih banyak berkaitan dengan fungsi otak kiri, hal ini juga sangat berperan dalam kesuksesan bisnis anda.

Jadi kesimpulannya, dua bagian otak kanan dan kiri ini, ternyata sudah di setting oleh Tuhan sesuai dengan kebutuhan manusia. Dua belahan otak tersebut bekerja saling beriringan yang dihubungkan oleh sebuah bagian yang disebut corpus collosum.

Menggeluti dunia bisnis, menurut penulis adalah kemampuan memaksimalkan fungsi otak kanan dan otak kiri. Ada kalanya seorang pengusaha dituntut untuk lebih menggunakan fungsi otak kanan daripada otak kiri, dan sebaliknya.

Bagi Anda yang sedang merencanakan untuk terjun ke dunia bisnis, tidak perlu khawatir lagi apakah Anda lebih ke “otak kiri” atau ke “otak kanan” itu semua cuma theory ;)!

Yang terpenting mulailah dari sekarang!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s