Memulai Bisnis Online

AgKp33K1EYkCUVK9GXapjAYEj19B-OGHUwWqOZ5k55N6

Menanggapi beberapa pertanyaan pembaca, mengenai bagaimana memulai bisnis online – on line shop, membuat penulis ingin berbagi pengalaman, bagaimana memulai sebuah bisnis on line.

Kira-kira apa saja yang harus dilakukan, untuk membuka bisnis on line ? Apakah harus membuat website? Haruskah memproduksi barang-barang yang akan diperjual-belikan ? atau hanya menggunakan media sosial seperti instagram, path, facebook atau twitter ?

Nah .. untuk memulai sebuah bisnis on line, tentunya kita harus tahu dulu apa yang akan kita jual? siapa pangsa pasar kita ? dan media apa yang akan kita pilih untuk memasarkan ? apakah barang yang kita jual, bisa dikirim ke luar kota, luar pulau, hingga luar negeri ? Tapi yang paling penting adalah memulai menjual dari lingkaran terdekat kita, misal teman, saudara, kenalan dan sebagainya.

Ketika kita sudah tahu produk apa yang akan kita jual, maka langkah selanjutnya adalah, foto produk untuk dipajang dalam toko on line. Selanjutnya kita bisa memanfaatkan beberapa media sosial, seperti instagram, facebook, atau twitter untuk memperkenalkan produk kita.

Bahkan sekarang, kita bisa memanfaatkan layanan situs toko online seperti TOKOPEDIA, yang menyediakan “etalase on -line”  yang membantu kita memasarkan barang dagangan secara gratis tanpa harus membuat website sendiri.

Dulu juga ada Toko Bagus, yang sekarang berubah menjadi OLX, tapi bedanya Tokopedia lebih aman dalam transaksi jual beli, karena proses pembayaran tidak langsung ke penjual, tapi melalui akun tokopedia. Hal ini untuk mengurangi maraknya penipuan bisnis on line yang sering terjadi belakangan ini.

Jika pangsa pasar anda adalah luar negeri, maka anda bisa memanfaatkan jasa situs e-bay. Tapi perlu dipertimbangkan juga untuk biaya pengiriman, karena terkadang, harga barang tidak sebanding dengan harga pengiriman dari Indonesia ke luar negeri, khususny untuk pembelian dalam jumlah retail.

Toko On Line nampaknya memang mudah, tapi dalam prakteknya, ternyata lebih ribet dari toko off line. Jika jenis penjualan kita adalah retail – ready stock, maka kita harus sering up date produk baru, produk yang terjual, dan menulis secara detail informasi tentang produk yang kita jual.

Usahakan juga informasi tentang penjual, seperti nomor telepon, alamat toko off line, alamat e-mail, tertera lengkap di media yang anda gunakan, selain menambah kepercayaan pelanggan, hal ini juga membantu anda lebih dekat pada pelanggan.

Kita tidak pernah tahu pelanggan dari mana saja yang kebetulan “lewat atau sedang window shopping” di toko kita, sehingga ketika kita sedang off line, mereka bisa dengan cepat menghubungi kita melalui telepon atau e-mail yang tertera.

Foto produk sangat memegang peranan penting dalam bisnis tipe ini, bukan berarti harus menggunakan kamera yang super canggih, tapi kejelasan atau ketajaman gambar, cara mengambil gambar agar terlihat menarik.

Coba kita bandingkan foto dibawah ini, gambar 1 diambil secara acak di media sosial, dan gambar 2. adalah salah satu dagangan sahabat kami, disini link toko nya Ayune, kira-kira mana yang lebih menarik anda untuk membeli ?

marina

Gambar 1

This slideshow requires JavaScript.

Selain hal tersebut diatas, pelayanan prima dari pemilik juga menjadi acuan penting dalam bisnis ini, kemampuan melayani pelanggan dengan baik, respond yang cepat, dan kualitas barang adalah modal dasar dalam memulai bisnis on line.

Selamat berpetualang dalam bisnis online !

Advertisements

2 thoughts on “Memulai Bisnis Online

    • Kalau bisnis yang paling bagus, menurut Om Bob Sadino ya yang dijalankan he he he .. tapi kalau menurut pendapat saya, semua bisnis punya prospek yang bagus, tapi kita yang harus tahu dimana peluang pasarnya berada 🙂

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s