Akunting memang Penting!

slide-akunting

Picture Source : 

Ibarat tubuh, akunting itu seperti otak pada manusia, yang mengatur semua sirkulasi dan metabolisme tubuh, agar berjalan dengan baik. Ketika ada kesalahan pada otak, maka semuanya tidak akan berfungsi dengan baik.

Dulu waktu pertama penulis belajar tentang ber wirausaha, pencatatan keuangan adalah hal yang terlewatkan, yang penting ada uang masuk, uang produksi, dan sisanya adalah keuntungan, bahkan terkadang tidak jelas mana untung atau rugi.

 

Kesalahan ini terjadi hingga beberapa tahun belajar tentang wirausaha, meski melakukan pencatatan kecil, tapi ternyata pembukuan atau penerapan akunting pada usaha anda, sangatlah penting dan juga bermanfaat di kemudian hari, tahu kenapa alasannya ?

Hal ini dialami oleh penulis ketika ingin ikut kontes usaha kecil, dan salah satu syaratnya adalah  harus menyertakan laporan keuangan selama minimal satu tahun terakhir, usaha yang didirikan juga perlu didaftarkan badan usahanya, jika memang anda serius ber wirausaha.

Akhirnya batal ikut kontes, penulis berkesempatan untuk mengikuti short course untuk entrepreneur bersama tim Ippho Santosa. Dalam kursus singkat ini, salah satu pemateri, Pak Adam Nova, juga mengisyaratkan bahwa akunting itu adalah hal yang mutlak dimiliki jika ingin usahanya berkembang dan besar.

Nah sejak saat itu, penulis mencoba melakukan pencatatan pembukuan lebih rapi. Memang akunting itu bukan hal yang mudah, apalagi jika harus membuat laporan keuangan.

Jika kita sendiri tidak mampu menyusun pembukuan dan laporan keuangan, dan untuk mempekerjakan seorang akuntan profesional masih belum mampu, maka anda bisa menggunakan jasa freelance mahasiswa jurusan akunting atau  menggaji karyawan lulusan SMK jurusan akuntansi, untuk mengurus masalah pembukuan pada perusahaan anda.

Menjadi seorang entrepreneur, tidak harus menguasai semua bidang ilmu untuk mengembangkan sebuah usaha, tapi yang paling penting adalah seorang entrepreneur harus paham siapa yang menguasai bidang-bidang tersebut, dan menempatkan mereka dalam perusahaan anda!

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s