Arti Sebuah Profesi

IMG_20140125_130401

Penjual Kue Putu

“Sekolah yang pinter ya nak .. nanti kalau sudah besar biar jadi dokter ..”

“Kalau kamu gak mau belajar, ntar kalau besar cuma bisa jadi pembantu..”

Pernahkah kita mendengar “doktrin profesi” yang disampaikan orang tua kepada anaknya, atau bahkan kita sebagai orang tua, tanpa sengaja sering mengucapkan kata-kata tersebut. 

Mungkin maksud dihati adalah memberi motivasi pada anak-anak, agar mereka lebih giat belajar untuk meraih masa depan yang lebih baik. Tapi apakah profesi seorang pembantu itu tidak berarti ? Apakah profesi seorang dokter itu yang paling beruntung di dunia ini ?

Pada dasarnya setiap pekerjaan di dunia ini, semuanya saling berkaitan dan mendukung satu sama lain. Kita, yang sekarang mungkin sedang berada di posisi puncak, memiliki profesi yang bagus dengan gaji tinggi, sering tidak menyadari bahwa KESUKSESAN KITA didukung oleh lebih dari satu profesi orang lain.

Mari kita renungkan sejenak, betapa bukan hanya profesi elite (pengusaha, dokter, peneliti, artis, insinyur, tentara, polisi, dll) saja yang bernilai tinggi, tapi semua profesi itu memegang peranan penting dalam kesuksesan hidup satu sama lain.

IMG_20140125_152757

Tukang Tambal Ban

Contoh kecilnya saja, petani yang sering dipandang sebelah mata, menjadi petani di Negeri yang Gemah Ripah Loh Jinawi ini justru sebuah pekerjaan yang dianggap kampungan, padahal tanpa petani dari mana kita bisa makan ?

Para penjual sayuran, yang rela bangun dini hari, mereka memulai pekerjaan sekitar pukul 1 dinihari, bergelut dengan dinginnya malam, hanya untuk memberikan produk terbaik untuk kita konsumsi.

Tukang Potong Ayam / Sapi, bayangkan jika tidak ada mereka, apakah kita bisa melakukan sendiri ? menyiapkan semuanya sendiri, belum lagi memisahkan bulu-bulu ayam dan membersihkannya, kemudian pembantu kitalah yang menyiapkan semuanya hingga terhidang di meja makan.

Bagaimana dengan tukang sampah ? tukang tambal ban, penjual kue-kue tradisional, cleaning service, office boy, bahkan tukang septic tank sekalipun, semuanya itu adalah pendukung kesuksesan kita semua. Tanpa mereka, hidup kita mungkin tidak semudah dan seindah sekarang!

Jadi mari kita saling menghargai setiap profesi, ubah cara pandang kita dalam “mendoktrin” anak-anak, setiap orang pasti ingin hidup sukses, setiap orang diciptakan Tuhan sesuai dengan takarannya.

Mari sambut tahun 2016 dengan penuh cinta, optimis, dan pikiran positif, agar kesuksesan selalui menyertai kita. Salam Sukses!

 

 

 

 

Advertisements

2 thoughts on “Arti Sebuah Profesi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s