Daftarkan Merk Anda Sekarang!

 

Dua hari sebelum imlek, saya mendapat surat dari Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual mengenai Pemberitahuan Usulan Penolakan Merek Dagang.

Sekitar tahun 2013 akhir, saya mendaftarkan merk MIMAMIA HIJAB melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian Provinsi Jawa Timur yang beralamat di Jalan Siwalan Kerto Surabaya.

Berdasarkan info yang saya dapatkan, ketika mengunjungi Jatim Expo 2013 di Surabaya, bahwa Provinsi Jawa Timur memberikan fasilitas gratis – pendaftaran merek – bagi pelaku Usaha Kecil & Mikro (UKM). 

Saat itu fasilitas yang ditawarkan sangat membantu pelaku UKM, karena biaya pendaftaran merek via agent lumayan mahal, sekitar 1,5 – 2 juta per merek. Selain itu ada tambahan biaya penelusuran merek sebelum didaftarkan sebesar dua ratus ribu rupiah, hal ini tujuannya untuk menghindari agar tidak terjadi kesamaan nama merek yang akan kita ajukan.

Meski mendapatkan fasilitas gratis, tapi pihak Dinas Provinsi Jatim tidak menyediakan fasilitas penelusuran merek, mereka hanya mengarahkan untuk memeriksa sendiri melalui website HAKI, tapi sayangnya akses informasi penelusuran merek tidak semudah yang kita bayangkan.

Nah sekitar tahun 2014 saya mendapat surat bahwa pendaftaran merek sedang diproses. Dan dua hari yang lalu, saya mendapat surat lanjutan tentang penolakan merek yang saya daftarkan. Alasannya ada kemiripan nama merek dengan perusahaan lain yang lebih dulu mendaftar.

Dalam surat tersebut, diberitakan bahwa merek sebelumnya yang terdaftar adalah MAMAMIA dan juga bergerak dalam industri pakaian. MENKUMHAM juga menjelaskan bahwa saya berhak menyatakan keberatan dengan membalas surat tersebut selambat-labatnya 30 hari terhitung sejak tanggal terima surat.

Saya mencoba mencari informasi melalui internet, mengenai permasalahan penolakan merek. Ternyata bukan saya saja, produk air mineral dari Kulon Progo juga pernah mengalami hal yang sama, merek awal mereka ditolak, dan langkah selanjutnya mereka mengganti merek lain.

Penolakan Merek

Berikut link informasi hukum mengenai pendaftaran merek, Menurut UU No 15 Tahun 2001 Pasal 5 mengenai Merek, disebutkan bahwa merek yan tidak dapat didaftarkan adalah merek yang mengandung unsur di bawah ini :

a.    bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, moralitas agama, kesusilaan, atau ketertiban umum;

b.    tidak memiliki daya pembeda;

c.    telah menjadi milik umum; atau

d.    merupakan keterangan atau berkaitan dengan barang atau jasa yang dimohonkan pendaftarannya.

Selain itu, permohonan pendaftaran merek juga harus ditolak oleh Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual jika:

a.    mempunyai persamaan pada pokoknya atau keseluruhannya dengan Merek milik pihak lain yang sudah terdaftar lebih dahulu untuk barang dan/atau jasa yang sejenis (Pasal 6 ayat [1] UU Merek).

b.    mempunyai persamaan pada pokoknya atau keseluruhannya dengan Merek yang sudah terkenal milik pihak lain untuk barang dan/atau sejenisnya (Pasal 6 ayat [1] UU Merek).

c.    Mempunyai persamaan pada pokoknya atau keseluruhannya dengan indikasi-geografis yang sudah dikenal (Pasal 6 ayat [1] UU Merek).

Saat ini saya sedang menghubungi salah satu agen jasa pendaftaran merek, untuk menindaklanjuti kasus yang saya alami, apakah harus mengajukan banding atau lebih baik mengganti merek.

Maka dari itu, bagi anda yang sedang atau ingin memulai berbisnis, sebaiknya pikirkan juga dana untuk mendaftarkan merek anda, jika memang ingin serius di bisnis yang sedang anda geluti 🙂

Semoga tulisan ini membantu, Oh ya ini link agen pendaftaran merek jika ingin mengurus melalui jasa agen, namanya Indotrademark  banyak yang menjadi klien mereka, salah satunya Ahmad Dani dan Wali Band.

 

Advertisements

One thought on “Daftarkan Merk Anda Sekarang!

  1. Pingback: Kasus Pendaftaran Merek – 2 akhir | ericka abdullah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s