4 Macam Tipe Konsumen

IMG_20140125_130401

Pedagang Kue Putu

Memiliki bisnis baik online maupun offline, pasti akan berhadapan dengan berbagai macam konsumen baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Agar pelayanan anda maksimal, mari kita coba kenali tipe-tipe pembeli atau konsumen

Menurut Coach Adam Nova, seorang praktisi bisnis sekaligus business coach yang dikenal dengan bukunya Keberlimpahan Rejeki, beliau memaparkan bahwa ada empat jenis tipe konsumen yang dikelompokkan berdasar abjad A, B, C dan D

Mari kita bahas mulai dari KONSUMEN TIPE D. Jenis konsumen ini adalah tipe konsumen yang paling sulit dan melelahkan, karena mereka suka sekali memborbardir pedagang dengan banyak pertanyaan tentang produk yang kita jual.

Ada saja yang ditanyakan baik mengenai kualitas, jenis bahan, rasa jika yang kita jual itu makanan, warna, hingga hal yang paling detail seperti cara pembuatan, dimana proses produksinya dan sebagainya

Nah memang ada konsumen tipe ini, tapi ujung-ujungnya mereka tidak jadi beli, atau kalaupun jadi beli, butuh proses yang panjang dan lama untuk DEAL.

IMG_20140213_150646.jpg

Konsumen Pelajar pada sebuah Cafe

 

KONSUMEN TIPE C, hampir mirip dengan konsumen tipe D, mereka juga sangat detail dalam memilih produk yang akan dibeli. meski banyak bertanya, namun tipe konsumen C bukan tipe yang suka PHP alias pemberi harapan palsu 🙂 . Tipe ini memiliki uang untuk membeli, namun melakukan banyak survey harga dan produk terlebih dahulu, baru memutuskan membeli.

KONSUMEN TIPE B, adalah konsumen yang tau apa yang mereka inginkan, tidak terlalu banyak bertanya tentang produk yang akan dibeli, dan proses pengambilan keputusannya sangat cepat dibanding konsumen D dan C.

KONSUMEN TIPE A, merupakan juaranya konsumen, jika kita mempunyai konsumen jenis ini, wah tidak perlu capek-capek menerangkan detail produk yang kita jual. Mereka sangat paham dengan apa yang mereka mau, tahu betul produk yang akan mereka beli, kualitas dan harga. Istilahnya kalau kita bertemu dengan pembeli tipe ini, mereka akan langsung tunjuk barang mana yang akan mereka beli, bayar selesai.

Nah .. sekarang coba amati, tipe konsumen yang manakah yang paling banyak anda temui? apakah anda akan bertahan dengan konsumen tersebut? ataukah anda akan pilih-pilih konsumen?

Kita tidak mungkin menolak  konsumen, tapi juga tidak mungkin menerima semua jenis konsumen. Cobalah untuk lebih fokus, pangsa pasar mana yang akan anda kelola, karena ini juga akan menentukan langkah bisnis kita selanjutnya.

IMG_20141010_184014

Karya Ivan Gunawan

Contoh nyatanya adalah Ivan Gunawan, seorang desainer ternama, dia pasti juga akan menemui banyak jenis pelanggan, tapi sudah jelas Ivan Gunawan punya harga barang yang dia tawarkan, tidak mungkin Ivan Gunawan melayani pembeli dengan budget diluar biaya produksinya.

Jadi tips bagaimana menangani pelanggan, jika anda tidak bisa menentukan pelanggan mana yang akan dipilih sebagai konsumen utama bisnis anda, maka kelola sebaik mungkin, bagaimana cara anda melayani pelanggan.

Maksudnya jika ada pelanggan tipe D, janganlah kita terlalu banyak menghabiskan energi untuk fokus pada satu pelanggan ini. Fokuslah pada pelanggan lain yang kemungkinan DEAL nya lebih besar.

Dan jika anda berani menentukan jenis pelanggan mana yang akan anda tangani, seperti Ivan Gunawan, yang lebih kepada tipe pelanggan A dan B. Maka tinggalkan tipe-tipe pelanggan selain itu.

Bukan berarti anda menolak setiap kali ada pelanggan tipe C & D datang, tapi dengan menentukan fokus pembeli yang akan anda kelola, maka dengan sendirinya tipe konsumen yang anda inginkan itu datang kepada anda!

Selamat Berakhir pekan dan Salam Sukses!

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s