Apa itu paypal ?

1

Menjalankan bisnis on-line menjadikan pangsa pasar kita “unlimited”. Awalnya mungkin kita berjualan di Indonesia saja, tapi lambat laun boleh jadi pasar dunia kita jelajahi juga.

Lalu bagaimana transaksi pembayaran yang aman bagi kedua belah pihak? Transaksi bisnis on-line pada umumnya menggunakan bank transfer untuk tingkat nasional, dan masih bisa digunakan di kawasan Asia Tenggara, seperti Singapore dan Malaysia.

Jika pasar kita sudah menembus Eropa, Amerika hingga ke Negara-Negara di Africa, bank transfer bukan lagi menjadi pilihan yang tepat, karena biaya transfernya yang sangat tinggi, kurang lebih sekitar USD 5 – 30/transaksi tergantung kebijakan bank masing-masing.

Berdasarkan pengalaman kami, ada beberapa macam sistem pembayaran yang bisa dipilih selain bank transfer, yaitu western union, paypal, skrill, payoneer, money gram dan sebagainya, tapi yang paling populer adalah western union dan paypal.

Perusahaan kami lebih banyak menggunakan jasa paypal untuk transaksi mancanegara, khususnya negara-negara di Eropa, Amerika, Australia dan Africa. Sedangkan untuk Singapore, Brunei Darussalam dan Malaysia masih menggunakan bank transfer dan western union.

Apa itu Paypal ?

Paypal adalah perusahaan jasa yang memberikan layanan pengiriman dan penerimaan pembayaran beberapa valuta asing antara pihak pembeli dan penjual. Paypal menjembatani antara kedua belah pihak dalam bertransaksi secara aman dan nyaman.

2

Pembayaran dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja, tidak harus menunggu jam operasional. Ada beberapa mata uang asing yang dapat anda pilih, seperti Dollar Amerika, Dollar Singapura, Dollar Australia, Dollar Canada, Thailand Baht, Poundsterling UK, Euro dan beberapa mata uang asing lainnya.

Sayangnya untuk mata uang Rupiah belum masuk daftar penerimaan pembayaran paypal. Jadi jika anda akan bertransaksi harus menggunakan mata uang asing kemudian di konversi ke Rupiah, begitu juga sebaliknya jika kita akan melakukan pembayaran.

Bagaimana menggunakan Paypal ?

Untuk bisa menggunakan jasa layanan paypal, Anda harus daftar dulu ke website paypal kemudian tentukan jasa apa yang anda inginkan? apakah untuk transaksi pembelian atau e-commerce (jual beli)

 

Pendaftarannya gratis, anda akan diminta mengisi data-data lengkap meliputi nama, nomor rekening bank, alamat, nomor telepon / hp termasuk mengirmkan scan copy paspor / ID card, serta buku bank atas nama anda.

tapi sayangnya untuk Indonesia, paypal masih menggunakan syarat harus mempunyai kartu kredit sebagai sumber dana transaksinya, sedangkan untuk penerimaan uang, kita bisa menarik langsung jumlah uang dari akun paypal ke rekening bank kita.

Berbada dengan Negara-negara di Eropa dan Amerika, mereka bisa langsung terhubung dengan rekening bank mereka sebagai sumber dananya. Hal ini berlaku juga pada orang-orang yang tinggal di Australia, mereka bisa menggunakan tabungannya untuk sumber dana / jaminan pada transaksi paypal.

Nah jadi untuk memiliki akun paypal (di Indonesia), serta bisa menggunakan jasa layanannya, anda harus memiliki kartu kredit sebagai “jaminan” bagi pihak paypal.

Cara Kerja Paypal

Bagi anda yang melakukan transaksi jual beli dengan pembeli mancanegara, Anda harus memilih beberapa mata uang yang akan anda terima dalam akun paypal, seperti USD, Euro, GBP, dan sebagainya.

4

Jika ada pembeli yang akan melakukan transaksi pembayaran, anda cukup memberikan alamat e-mail untuk akun paypal ke pembeli anda. Dalam hitungan detik, dana dari pihak pembeli akan berpindah ke akun paypal anda.

Kemudian dari akun paypal, anda bisa mengambil dana tersebut dan dicairkan ke rekening bank yang sudah anda daftarkan di paypal. Proses pencairan dana dari Paypal ke Bank anda kurang lebih 1 – 3 hari kerja.

Tapi berdasar pengalaman kami, Bank CIMB Niaga yang paling cepat prosesnya dibanding BCA. CIMB Niaga hanya butuh waktu 1 hari, maksimal 2 hari proses pencairannya, sedangkan BCA butuh waktu minimal 2 hari dan maksimal 3 hari.

Apakah ada biaya tambahan ?

Menggunakan paypal adalah solusi paling mudah dan aman untuk bertransaksi on line. Biaya yang muncul kurang lebih 4-5% dari total transaksi jika anda menggunakan transaksi bisnis, tapi jika anda memilih transaksi personal, pihak penerima akan bebas biaya.

Hanya saja ada perbedaan nilai kurs mata uang antara bank transfer dengan paypal. misal kurs Dollar di bank saat ini Rp. 13.500 , maka di paypal 1 USD ~ Rp. 13,289 – Rp. 13,300. Kurang lebih beda 200 rupiah.

Amankah Paypal ?

Selama menggunakan paypal, belum pernah terjadi masalah yang fatal dalam transaksi kami. Paypal sangat melindungi kedua belah pihak untuk bisa melakukan transaksi secara aman dan nyaman.

Pihak pembelipun berhak menarik dananya, jika ternyata pihak penjual menipu atau tidak memenuhi produk yang dijual sesuai pesanan.

Dulu kami juga punya masalah dengan salah satu pembeli kami di Jerman, yang mengirimkan claim bahwa barang yang dikirim tidak sesuai dan kurang dari apa yang mereka pesan.

3

Akun paypal kami sempat dibekukan oleh pihak paypal, sehingga tidak bisa menerima atau mengirim dana. Tapi alhamdulillah kami memenangkan kasus tersebut, dengan mengirimkan bukti-bukti foto, screenshot chat, dan argumen tentang produk yang kami kirimkan.

Dan akhirnya pembeli tersebut ketahuan berbohong, herannya sekarang pembeli tersebut order lagi ke kami 🙂

 

 

 

Advertisements

3 thoughts on “Apa itu paypal ?

  1. Pingback: Apa Itu Paypal?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s