Tips Memilih Abaya

27

Sudah bukan rahasia lagi, dunia mode busana muslim di Indonesia berkembang sangat cepat. Hampir setiap minggu selalu ada desain dan model baru mulai dari pernak-pernik hijab hingga abaya satu paket dengan khimarnya.

Kita sebagai perempuan, seringkali tidak bisa menahan “godaan” untuk membeli hijab atau pakaian tersebut. Kebanyakan perempuan, selalu mengatakan “TIDAK PUNYA BAJU” meski lemari pakaian penuh dengan abaya atau gamis lama kita.

Akhirnya pengeluaran semakin tidak terkendali dikarenakan “nafsu membeli” demi mendapatkan atau mengenakan model terbaru. Bukannya melarang membeli pakaian atau hijab setiap minggu, tapi alangkah bijaknya jika kita mampu belajar menahan diri untuk hal-hal yang tidak terlalu utama.

Namun jika memang pilihan anda bulan ini adalah membeli pakaian baru, berikut beberapa tips memilih abaya sesuai dengan bentuk tubuh kita.

Sebelum anda memutuskan membeli desain abaya baru, yang selalu “nampak cantik pada MODEL” hendaknya kenali dulu bentuk tubuh anda, lalu putuskan jenis bahan dan desain mana yang sesuai dengan bentuk tubuh anda

female-body-shapes

Bentuk Tubuh Perempuan , Sumber cleoogandrews

Hourglass (Jam Pasir)

Bentuk tubuh seperti jam pasir atau kadang disebut juga gitar spanyol adalah bentuk tubuh yang diidamkan kebanyakan wanita. Bentuk tubuh ini sangat mudah mengenakan desain baju model apa saja.

Desain baju seperti foto dibawah ini membuat anda terlihat “sexy” tanpa harus menampakkan lekuk tubuh, karena abaya ini di desain longgar tapi tetap nyaman dan kekinian.

Sheath Abaya dimana bagian bawahnya lebih sempit dari bagian panggul, dan bagian pinggang sedikit curved. Potongan diagonal yang membelah dua sisi, semakin mengaburkan bentuk tubuh anda jika sedang bermasalah dengan berat badan berlebih.

24

Inverted Triangle (Segitiga terbalik)

Segitiga terbalik, biasanya bagian pinggang ke bahu lebih besar dibanding bagian panggul. Maka untuk menyeimbangkan penampilan kita, pilihlah abaya yang memiliki potongan di bagian pinggang dengan rok berpotongan lebar, setengah lingkar atau pias.

Desain ini akan mempercantik penampilan dan terlihat anggun. Anda juga bisa mengenakan model atasan peplum yang memiliki rumbai dibagian pinggang. Atau rok lipit yang akan membantu menambah volume tubuh bagian panggul. Hindari rok  model midi atau lurus, desain ini mempertegas bentuk segitiga terbalik pada tubuh anda

baju-1-34

 

Rectangle (Persegi)

Bentuk badan ini kebanyakan dimiliki oleh perempuan kurus tinggi langsing, sering diplesetkan menjadi kutilang.  Menambahkan layered cape pada bagian bahu abaya anda, dengan potongan pinggang rok setengah lingkar bisa menjadi salah satu alternatif desain pilihan.

Atau mengenakan aksesoris pada bagian pinggang, A line cut top dipadu dengan celana jeans membuat anda tampil lebih muda. Bisa juga desain peplum abaya seperti dibawah ini, terlihat unik dan cantik.

3200-16

Triangle (Segitiga)

Selalu kenakan pakaian yang terlihat merampingkan pada bagian atas anda, karena bentuk tubuh segitiga ini, memiliki bentuk panggul yang lebih besar daripada bahu anda.

Hindari menggunakan atasan yang panjangnya melebihi pinggang. Cropped jacket dan abaya lurus sesuai lebar panggul anda, membuat penampilan anda terlihat sporty.

Anda bisa juga membuat desain abaya sederhana seperti dibawah ini (full skirt dress), kemudian menambahkan belt sesuai selera anda. Kesan rapi dan anggun akan terwujud pada penampilan anda.

4

Diamond

Bentuk badan diamond adalah tubuh yang memiliki bagian pinggang lebih lebar dari bagian yang lain, seringkali dialami oleh orang bertubuh tambun.

Hal ini sama sekali tidak mengurangi kecantikan anda, selama hati anda cantik dan tahu bagaimana memilih pakaian yang sesuai kebutuhan.

Blazer atau jaket sepanjang panggul cocok anda kenakan dengan celana kulot. Dan abaya tanpa potongan di bagian pinggang, akan terlihat cantik pada tubuh anda

7

 

 

Oval

Bentuk badan oval dikenal juga dengan istilah Apple Shape, dimana bagian tubuh atas hingga panggul terlihat lebih penuh

Abaya dengan potongan vertikal membagi tubuh anda, akan memberikan silhouette  lebih ramping pada tubuh anda. Selain itu menambahkan ikat pinggang pada abaya potongan pinggang juga bisa menjadi alternatif pilihan gaya anda.

Kaftan juga menjadi pilihan cantik bagi anda yang suka mengenakan pakaian lebih longgar.

baju-3-9

Jika anda menginginkan desain ekslusif dan sesuai impian anda, jangan lupa untuk menghubungi mimamia 🙂

Selamat beraktifitas !

Advertisements

2 thoughts on “Tips Memilih Abaya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s