Tips Menghadapi Kegagalan Bisnis

91

Pernahkah anda gagal dalam bisnis ? Berapa kali kegagalan dalam bisnis yang pernah anda alami ? Lalu apa langkah yang anda tempuh untuk mengatasi kegagalan itu ?

Memulai sebuah bisnis, bukanlah hal yang susah tapi juga tidak mudah dijalankan, jika kita tidak punya cukup ilmu dan pengalaman. Namun bukan berarti karena takut gagal, lalu anda tidak juga mau memulai bisnis.

Gagal dalam bisnis adalah hal yang wajar, seperti layaknya seorang anak yang sedang belajar berjalan, akan ada jatuh bangunnya, begitu juga dengan bisnis, akan ada fase naik turun, hingga tiarap sekalipun.

Kegagalan pasti dialami oleh semua orang, bahkan pengusaha sekelas Donald Trump juga pernah gagal, apalagi kita yang masih tahap belajar! Semua orang pasti mengalami kegagalan, tapi yang membedakan adalah: tidak semua orang yang gagal, mau bangkit dari keterpurukannya… hanya orang sukses yang tetap bangkit setelah keterpurukannya!

Saya juga pernah mengalami kegagalan dalam berbisnis, salah satunya adalah gagal dalam mengembangkan bisnis kuliner. Tidak tanggung-tanggung, modal saya habis, usaha gulung tikar, hanya menyisakan hutang puluhan juta.

Stress ? frustasi ..? ya itu adalah hal manusiawi .. sedih, kecewa, dan juga bingung, karena tidak ada income untuk membayar hutang-hutang akibat usaha bangkrut. Saat itu, rasanya semua ilmu dari para motivator bisnis hanya bualan semu. Motivasi Bisnis otak kanan yang sedang booming kala itu, seperti racun sianida yang perlahan-lahan membunuh hingga tak berdaya!

Wah .. maaf jika bahasanya terlalu drama ya… kira-kira seperti itulah perasaan orang yang gagal! Tapi dunia belum kiamat hanya karena kita gagal bisnis, masih ada banyak jalan menuju surga!

Ketika saya gagal, hal pertama yang saya lakukan adalah “TIDAK MENYALAHAN” keadaaan, semua butuh proses, tidak ada sukses yang instant! Saya terima kegagalan saya dan memupuk semangat untuk bangkit dari keterpurukan.

Bagi anda yang sedang mengalami kegagalan dalam berbisnis, jangan berkecil hati, boleh jadi apa yang anda hadapi saat ini, adalah jalan keluar menuju kesuksesan. Selalu berprasangka baik kepada Tuhan, karena Dia saja pemilik rejeki.

TIPS MENGHADAPI BISNIS GAGAL :

  1. Hadapi dengan Ikhlas Kegagalan yang kita alami  (Legowo)
  2. Intropeksi diri
  3. Berdoa dan Memohon Pertolongan Allah
  4. Menyemangati diri untuk tetap bangkit dari kegagalan
  5. Berbagi cerita (Sharing) dengan orang yang tepat
  6. Usahakan sharing dengan orang yang sukses, agar anda mendapat solusi
  7. Jika memang usaha sudah tidak bisa diselamatkan lagi, maka tidak ada jalan lain untuk menutup usaha tersebut
  8. Carilah celah dari kegagalan anda, yang bisa diubah menjadi jalan keluar
  9. Memulai usaha baru, yang anda sukai!

 

Advertisements

6 thoughts on “Tips Menghadapi Kegagalan Bisnis

  1. Saya pernah disemangati oleh seorang pebisnis yang sukses di usia muda. Begini katanya: Habiskan jatah gagalmu sedini mungkin. Jadi gagal dalam melakoni apapun dalam hidup adalah hal wajar. Bangkit dan berjalanlah lagi. Kemudian kita akan tiba di titik kesuksesan.

    Like

    • iya betul mbak 🙂 saya juga pernah mendengar istilah itu, habiskan stok gagalmu, tapi yang namanya hidup itu adalah trial and error yang tidak akan pernah selesai hingga kita mati 🙂 .. dan sebisa mungkin kita belajar dari kegagalan orang lain

      Like

  2. ketika ada yang menyemangati,
    awal-awalnya semangat banget.
    namun setelah buka usaha dan sudah berjalan beberapa waktu tapi hasilnya tidak sesuai harapan jadi ‘loyo’ lagi.

    Bagaimana caranya untuk mempertahankan / menambah semangat terus ya Mbak?
    terima kasih

    Like

    • Hai Mas Wadiyo,
      Memang tidak mudah untuk terus semangat, salah satu caranya .. bertemanlah dengan orang-orang yang lebih sukses dari kita, biasanya kalo curhat sama teman yang masih “sepantaran nasib” hehe jatuhnya jadi curhat dan ga ada solusi

      selain itu tuliskan goal dan impian di papan atau buku, hal ini juga bisa menjadi penyemangat kita

      dan terakhir .. lebih dekat lagi sama Allah baik ketika kita semangat maupun pas loyo 🙂

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s