Simalakama Biaya Kirim ke Luar Negeri

1

Shipment Tracking POS Indonesia

Belanja On line sudah menjadi lifestyle masyarakat dewasa ini, meningkatnya kemajuan teknologi internet, semakin mempermudah kita untuk mengakses berbagai produk dari berbagai kota, hingga manca negara.

Sebenarnya proses perdagangan antar kota maupun antar negara, sudah terjadi sejak jaman Rasulullah, hanya saja cara pemasarannya yang berbeda. Di Era 90-an pemasaran dilakukan melalui media masa, telepon, dan televisi, sekarang semuanya bisa diakses melalui jaringan internet.

Perdagangan antar kota maupun antar negara, bersinergi dengan proses pengiriman. Saat ini banyak perusahaan jasa pengiriman yang mulai bermunculan, persaingan harga dan waktu kirim menjadi andalan mereka.

Untuk pengiriman antar kota, propinsi hingga antar pulau di Indonesia (pengiriman domestik) sudah bukan menjadi kendala. Ada banyak jenis pengiriman expedisi yang bisa kita pilih, tergantung harga dan jenis layanan yang ditawarkan.

pengiriman_mimamia_usa

Pengiriman Barang Via KGP Trans

Namun untuk pengiriman ke Luar Negeri, tidak banyak pilihan yang bisa kita ambil. Selama ini, mimamia menggunakan beberapa macam jenis pengiriman seperti Pos Indonesia, TNT Cargo, FedEx, DHL dan UPS yang membantu mengirim produk kami ke berbagai negara di dunia.

Indonesia sebenarnya memiliki banyak sekali pelaku UKM, baik di bidang makanan, pakaian jadi, furniture, hingga produk olahan kreasi limbah yang layak dijual. Tapi sayangnya permasalahan klise yang sering muncul adalah, biaya kirim yang terlalu tinggi, terutama jika mengirim ke Luar Negeri.

20151119_092704

Pengiriman Barang Via TNT Cargo

Entah permasalahan apa yang menjadikan biaya kirim di Indonesia ke Luar Negeri masih menjadi kendala besar. Bayangkan untuk produk seharga Rp. 75,000 saja biaya kirimnya bisa 3x lipat, tentu saja ini yang menjadi penyebab penjualan On Line di Indonesia belum bisa menembus pasar Internasional.

Sedangkan jika kita membeli produk dari Negara Cina, selain harganya jauh lebih murah, kita masih diberi fasilitas FREE ONGKIR! Saya juga sering tidak habis pikir, darimana mereka memperoleh untungnya?!

16

Proses Produksi di Workshop MIMAMIA

Nah bagaimana selama ini mimamia mensiasati biaya pengiriman ke Luar Negeri ?

Sebenarnya tidak ada siasat atau jurus tertentu untuk mengurangi beban pengiriman. Memang biaya kirim dari Indonesia ke Luar Negeri itu masih tergolong mahal, apalagi untuk produk satuan.

Berbeda jika anda menjual produk dalam jumlah besar, minimal 50kg atau 100kg, dan anda terdaftar sebagai “member” dari perusahaan jasa yang saya sebutkan diatas. Ada perbedaan harga kirim yang mereka tawarkan, istilahnya publish price (harga publish)  dan member price (harga member).

Selama ini TNT Cargo masih menjadi juara untuk pengiriman ke Luar Negeri, selain waktu pengiriman yang terbilang cepat, 4-5 hari sampai di tempat tujuan, tergantung area dan wilayah yang dituju.

1

Persiapan Packing Barang

Pengiriman dilakukan dengan pesawat udara (air freight) dengan sistem door to door. Semua pengurusan Custom Clearance dilakukan oleh pihak TNT, dan jika ada beban pajak (Duty Tax) di Negara si penerima, maka akan di bebankan pada pihak buyer

Selain TNT, kami juga menggunakan jasa Pos Indonesia. Ada banyak jasa yang ditawarkan, dan tergolong murah untuk pengiriman dalam jumlah kecil. Biasanya kami menggunakan jasa EMS , Air Service, dan Sea Mail.

EMS (Express Mail Service) adalah layanan tercepat dari Pos Indonesia, waktu pengirimannya kurang lebih 4 – 5hari, harganya juga lumayan tinggi. Untuk pengiriman kelas 2, anda bisa memilih Air Service, yang memakan waktu kurang lebih 10 hari.

15

Proses Pengemasan ala Mimamia

Jika ingin yang lebih murah lagi, bisa menggunakan Sea Mail Service yang akan tiba di tempat tujuan kurang lebih 90 hari maksimal. Salah satu buyer kami di UK menggunakan layanan ini.

Anda butuh jasa untuk pengiriman ke Luar Negeri? bisa kontak kami untuk mendapatkan harga yang lebih murah 🙂

 

Advertisements

5 thoughts on “Simalakama Biaya Kirim ke Luar Negeri

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s