11 Cara Jitu Foto Produk Untuk Online Shop

10

Outdoor Photography 

Mempunyai toko Online, sebenarnya jauh lebih ribet dibanding toko Offline. Tapi gaya hidup sudah berubah, dan jika kita tidak mengikuti perkembangan jaman, maka akan ketinggalan.

Toko Online sudah menjadi kebutuhan primer bagi setiap orang, selain mudah dan lebih flexibel tokonya buka 24 jam, tergantung kita kapan mau belinya. Nah sebagai pemilik toko Online, persaingan dagang dunia maya sudah semakin ketat.

Ada banyak ribuan Online Shoppers yang meng-upload foto dagangannya setiap hari, bahkan setiap jam maupun setiap menit. Hari ini saya akan coba berbagi tips tentang tampilan foto agar dapat bersaing di dunia Online Shop. Ada sebelas tips yang bisa anda coba.

1.  Kamera

1

Bermain main dengan Kamera DSLR

Karena berjualan online dibutuhkan gambar berkualitas, maka memiliki kamera itu sudah mutlak wajib bagi anda pedagang Online. Tapi tidak harus kamera DSLR mahal, anda bisa menggunakan kamera handphone yang minimal punya kapasitas 2 MP. Dulu waktu mimamia pertama kali jualan online, saya menggunakan kamera handphone Sony yang kapasitasnya juga masih 5 MP.

2. Belajar Teknik Fotografi Sederhana

Setelah anda memiliki gadget diatas, langkah selanjutnya adalah belajar sedikit tentang teknik Fotografi sederhana. Dalam ilmu Photography ada beberapa angle (sudut foto) yang perlu anda ketahui, misalnya Low Angle, High Angle, Eye Level, Bird eyes View dan sebagainya.

under-the-tower

Teknik Low Angle dalam Photography

Dalam Teknik Fotografi juga dikenal istilah Framing atau komposisi, mengajarkan bagaimana cara kita mengambil sudut pandang dan fokus utama. Dan yang paling penting adalah background atau latar belakang gambar. Jika anda jualan baju, sepatu, tas maupun makanan, usahakan produk anda menjadi fokus utama, background yang terlalu rame akan membuyarkan fokus pembeli anda.

3. Memilih Latar Belakang Yang Tepat

Berdasarkan share ilmu photographer profesional, background adalah unsur yang paling penting dalam keseluruhan foto, dikatakan juga background menguasai hampir 60% latar belakang dari keseluruhan foto. Anda tidak akan memperoleh foto yang bagus jika latar belakangnya terlalu kacau dan semrawut.

7

Suami idaman .. adalah yang pinter Photography 😛 .. that’ why I marry him!

Untuk kebutuhan Online Shop, rata-rata background yang digunakan adalah warna putih. Hal ini untuk membantu fokus mata pada produknya, selain itu warna putih membantu produk anda terlihat lebih jelas.

5

Foto dengan Background Putih

Gunakan kain yang tidak memantulkan cahaya, atau jika anda bisa menggunakan photoshop, ubah background anda dengan layar putih.

4. Model atau Manekin ?

Beberapa teman online shop ada yang berprinsip tidak ingin menggunakan model manusia, dikarenakan khawatir tabarruj dan mengundang maksiat. Tapi menurut saya, menggunakan model manusia sebagai foto produk anda (untuk produk baju) jauh lebih menarik minat pembeli.

6

Foto Pada Manekin juga Menarik kan!

Anda bisa melakukan cropping pada wajah, seperti foto yang diambil oleh online shop ternama Anna HaririHasilnya pun juga tak kalah menarik. Tapi bukan berarti manekin tidak menarik, tergantung bagaimana anda mengambil gambarnya.

14

Teknik Cropping wajah

Memang untuk menggunakan model manusia, apalagi kelas atas, biayanya cukup mahal. Wah jangan patah semangat dulu, anda bisa menggunakan “model dadakan” di sekitar anda. Model itu tidak harus tinggi, ramping, berkulit putih, dan hidung mancung, yang paling penting seorang model harus fotogenic alias pintar bergaya di depan kamera.

5. Manfaatkan Cahaya Alam

Pemotretan profesional selalu menggunakan banyak alat pendukung, seperti flash external, reflector, lighting, hingga ke payung reflector. Untuk menggunakan itu semua, membutuhkan biaya yang tidak sedikit, apalagi jika harus membayar jasa fotografi, yang terkadang si photographer nya tidak memahami maunya kita .. duh capek kan .. kita sudah bayar mahal tapi hasilnya gak memuaskan .. *curhat

80

Memanfaatkan Cahaya Matahari menjelang sunset

Nah solusinya, kita bisa memanfaatkan cahaya alam, tepatnya cahaya matahari. Biasanya waktu yang sempurna untuk mendapatkan cahaya yang bagus, sekitar jam 8 – 11 pagi, atau menjelang sore 14.00 – 16.00. Tapi ingat ya .. itu tergantung tempat anda tinggal, di Bondowoso yang cenderung sering memes aka mendung mesra, jadi harus sering-sering bereksperimen untuk mendapatkan hasil yang bagus.

6. Outdoor apa Indoor

Ada banyak pilihan tempat untuk melakukan pemotretan, bisa dilakukan di luar ruangan (outdoor) maupun di dalam ruangan (indoor), meski tidak harus di studio foto ya! Yang penting sesuai dengan tema.

83

Lokasi Pemotretan di Sebuah Cafe

Misalnya anda akan menampilkan foto baju pesta, jika mau melakukan sesi outdoor, kita juga harus pandai memilih background agar sesuai tema. Baju pesta akan terlihat “WAH” jika anda foto dengan background gedung, resto maupun cafe, akan kurang pantas jika baju anda difoto dengan latar belakang sawah maupun pemandangan alam… mau kemana neng :p kondangan apa bajak sawah?!

Sekali lagi background itu SANGAT menunjang produk yang akan kita sampaikan.

7. Pengarah Gaya

Untuk hasil foto yang bagus diperlukan minimal 3 elemen berikut, kamera, model, dan pengarah gaya. Ada model yang cenderung lebih cantik jika berpose ala – ala cemberut, berwajah sombong, atau sedikit judes. Justru dengan pose itu, produk yang kita foto akan semakin mahal nilainya!

2_amsterdam_streetwear_photosession

Behind The Scene Amsterdam Street wear Photosession

Tapi ada juga model yang terlihat sangat bagus ketika senyum, atau difoto dalam keadaan candid aka tanpa sepengetahuan modelnya. Ini tergantung kita ya kawan, bagaimana maunya pesan produk yang akan kita sampaikan kepada pembeli.

8. Memiliki Konsep Jelas

Wah ini harusnya ditulis di awal ya, tapi tak apalah .. karena ini saya tulis berdasarkan kerja otak saya, yang tidak beraturan he he he, sambil disambi jawab pesan whatsapp, atau sekedar cek IG dan FB mimamia .. yah begitulah!

1_dianita_silk-satin_loop_shawl

Foto dengan konsep cafe bacground untuk gaun semi formal

Oke .. saya paling tidak suka kerja tanpa rencana, meski kadang suka dadakan dan pop up, tapi teteup harus ada konsep dasar ketika memulai sesuatu. Yang dimaksud memiliki konsep yang jelas ini adalah, anda tahu apa yang akan anda sampaikan dari hasil foto produk anda.

34_beach_casual_muslimwear_burkini

Casual Beach Wear Concept

Misal anda seorang penjual sepatu homemade, nah pasti anda tahu kan, sepatu ini cocoknya untuk apa, siapa yang pakai, dan di level mana market yang akan anda gempur. apakah itu untuk casual shoesoffice shoes atau party shoes.

54

Foto Lomba Blogging Untuk Produk Multivitamin dan Makanan Sehat

Begitu juga untuk makanan, foto produk yang menarik, platting makanan yang cantik juga akan menjadi daya tarik tersendiri. Jika anda melakukan foto on the spot dengan background yang cakadut – serbet, panci, celemek, dan sendok berkeliweran .. hmm ini bikin risih pembeli.

9. Photoshop Edit

Loh apa boleh mengedit foto? tentu saja boleh asal tidak bermaksud membohongi pembeli, dengan menampilkan foto palsu. Yang dimaksud photoshop edit ini lebih ke proses pencerahan warna, pengaturan background, dan framing. 

Biasanya hasil foto agak sedikit kusam, karena faktor cahaya alam maupun kemampuan kamera. Dengan menggunakan photoshop ini, kita bisa memperbaiki kualitas gambar yang sudah kita ambil.

10. Watermark (Tanda Air)

Agar produk lebih mudah dikenal, dan sebagai salah satu bentuk proteksi karya foto kita, ada baiknya kita menambahkan watermark atau logo dan nama produk pada foto anda. Hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan photoshop maupun aplikasi yang tersedia di handphone anda.

87

watermark on photo

Saran saya, tidak perlu memberikan watermark yang terlalu besar, selain merusak penampilan produk anda, juga memberikan kesan kumuh pada foto. Gunakan tulisan sederhana dan sedikit blur, atau pilih transparency kurang lebih 60%

11. Compress Foto

Nah tips yang terakhir, agar website anda tidak berat, gunakan file yang memenuhi standar toko online. Compress foto anda untuk tampilan website. Jangan gunakan foto asli yang besar filenya lebih dari 500 KB.

30

Foto Sederhana Produk Makanan

Lagi-lagi, jika anda menggunakan photoshop silahkan pilih save as, kemudian pilih besaran file yang diinginkan, atau bisa juga anda memperkecil setting file pada kamera anda. Yang penting gambar tidak pecah ketika di zoom.

Nah selamat bereksperimen ya!

Advertisements

5 thoughts on “11 Cara Jitu Foto Produk Untuk Online Shop

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s